Yuk Cari Tahu, Tes Kepribadian Ganda dan Pengobatannya!

Kepribadian ganda atau gangguan identitas disosiatif (Dissociative Identity Disorder) adalah gangguan mental yang disebabkan oleh kurangnya koneksi antara pikiran, ingatan, lingkungan, tindakan, dan identitas diri. Seseorang dikatakan mengalami DID hanya jika telah menjalani tes kepribadian ganda dan ditegakkan diagnosisnya oleh dokter kejiwaan atau psikolog. 

Penderita DID dapat melarikan diri dari kenyataan dengan cara yang tidak sehat dan memengaruhi kehidupan sehari-harinya. Mungkin pengobatan kepribadian ganda bisa menjadi sulit, tetapi dengan melakukan pengobatan dapat membantu penderitanya mengatasi dan menjalani kehidupan yang lebih sehat dan produktif.

Gejala orang berkepribadian ganda

Tanda dan gejala DID bergantung pada jenis gangguan disosiatif yang dimiliki. Namun, secara umum meliputi:

  1. Lupa ingatan (amnesia) dari waktu tertentu tentang kejadian, orang, dan diri sendiri.
  2. Hilang kendali atas emosi dan diri sendiri.
  3. Pendapat orang-orang dan hal-hal sekitar terlihat menyimpang dan tidak nyata.
  4. Identitas diri yang kabur.
  5. Stres dalam hubungan, pekerjaan, dan aspek penting lainnya dalam hidup Anda.
  6. Tidak mampu mengelola stres dengan baik.
  7. Memiliki masalah kesehatan mental, seperti depresi, kecemasan, dan pikiran atau perilaku untuk bunuh diri.

Jika Anda atau orang yang dekat dengan Anda memiliki gejala-gejala di atas, sebaiknya segera hubungi dokter untuk menjalani tes kepribadian ganda. Hal ini untuk memastikan dan memperoleh pengobatan secepat mungkin.

Apa saja yang dilalui dalam tes kepribadian ganda?

Tes kepribadian ganda dilakukan untuk menegakkan diagnosis apakah seseorang mengalami DID atau tidak. Diagnosis ditetapkan berdasarkan penilaian gejala tanpa memperhatikan kondisi medis apapun yang memicu gejala. 

Tes kepribadian ganda, meliputi:

  1. Tes fisik

Tahap tes fisik ini, dokter Anda akan melakukan pemeriksaan, mengajukan pertanyaan mendalam, serta meninjau gejala dan riwayat pribadi Anda. Tes tertentu dapat menghilangkan kondisi fisik, seperti cedera kepala, penyakit otak tertentu, kurang tidur, atau keracunan, yang dapat menyebabkan gejala kehilangan memori dan perasaan tidak nyata pada masalah DID.

  1. Tes kejiwaan

Dokter atau ahli kesehatan mental akan mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan pikiran, perasaan, dan perilaku Anda, serta membahas gejala yang Anda alami. Sesuai atas izin Anda, informasi dari anggota keluarga atau hal penting lainnya mungkin dapat berguna.

  1. Kriteria diagnostik di DSM-5

Dokter akan membandingkan gejala yang dialami dengan kriteria diagnosis dalam Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders (DSM-5) yang diterbitkan oleh American Psychiatric Association.

Pengobatan untuk penderita kepribadian ganda

Setelah menjalani tes kepribadian ganda dan diagnosisnya telah ditetapkan oleh dokter, maka Anda pun akan diberikan perawatan yang sesuai. Secara umum, perawatannya mencakup:

  • Psikoterapi

Psikoterapi adalah pengobatan yang paling utama untuk mengatasi masalah kepribadian ganda. Terapi ini juga dikenal sebagai terapi bicara, konseling, atau terapi psikososial, dengan melibatkan pembicaraan tentang gangguan dan masalah Anda dengan ahli kesehatan mental. 

Terapis Anda akan membantu Anda memahami penyebab dari kondisi Anda dan membentuk cara baru untuk mengelola stres dengan lebih baik. Seiring berjalannya waktu, terapis Anda dapat membuat Anda berbicara lebih banyak tentang trauma yang pernah dialami. Perlu dicatat, keberhasilan terapi sangat bergantung dengan keterampilan dan hubungan dengan terapis Anda.

  • Pengobatan

Memang, tidak ada obat spesifik untuk mengobati kepribadian ganda. Namun, dokter Anda mungkin akan meresepkan obat antidepresan, anticemas, atau antipsikotik untuk membantu mengendalikan gejala kesehatan mental.

Beberapa terapi lain yang mungkin bisa Anda dapatkan antara lain terapi hipnotis, terapi kognitif perilaku, terapi dialektik perilaku, terapi keluarga, dan terapi kreatif. Selain itu, Anda mungkin dianjurkan melakukan meditasi dan relaksasi untuk membuat kondisi mental Anda lebih tenang dan lebih mudah memahami diri sendiri. 

Inilah bentuk tes kepribadian ganda dan perawatan yang mungkin Anda dapatkan saat dinyatakan memiliki kepribadian ganda. Segeralah temui dokter atau ahli kesehatan mental jika Anda mengalami tanda atau gejala gangguan identitas disosiatif untuk segera diatasi dengan baik. 

Kesehatan Mental

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*