10 Tips Agar Resolusi Hidup Sehat di Tahun Baru Tercapai

Salah satu target yang tidak pernah hilang dari daftar resolusi tahun baru adalah menjalani hidup yang lebih sehat, baik itu dengan menurunkan berat badan, berhenti merokok atau mengurangi kebiasaan minum alkohol. Sayangnya, di pertengahan tahun, kebanyakan orang akan mulai lupa dan goyah dari target yang ingin dicapai.

Meskipun begitu, jangan khawatir karena Anda masih bisa mencapai target-target tahun baru Anda dengan memecah target resolusi menjadi tujuan yang lebih spesifik, terukur dengan tenggat waktu. Berikut ini adalah tips yang bisa Anda coba.

  1. Pastikan untuk Hanya Membuat Sedikit Resolusi

Jangan terlalu banyak membuat daftar keinginan capaian di tahun baru. Peluang untuk berhasil pada resolusi Anda adalah dengan membuat satu atau dua resolusi untuk mengubah perilaku atau kebiasaan buruk, khususnya seputar kesehatan.

2. Jangan Menunggu Sampai Malam Tahun Baru untuk Menentukan Resolusi Anda

Luangkan waktu beberapa hari sebelumnya dan pikirkan apa yang ingin Anda capai. Pertimbangkan dengan matang kemampuan dan kapabilitas Anda dalam menggapai satu target. Pastikan untuk tidak membuatnya terlalu tinggi dan fokuslah pada progres.

3. Hindari Resolusi Sebelumnya

Kembali mengulang resolusi tahun lalu yang gagal akan membuat tahun ini tidak berbeda dengan tahun lalu. Buatlah resolusi yang berbeda dengan misi-misi yang juga fresh agar menambah motivasi baru dalam menjalaninya.

4. Jangan Terbawa dengan Apa yang Banyak Dipikirkan Orang Lain

Cobalah untuk kreatif dan inovatif dengan keinginan dan target hidup Anda sendiri. Dengan begitu Anda tidak akan muda terpengaruh dengan apa yang dilakukan dan dicapai orang lain.

5. Jabarkan Tujuan Anda Menjadi Serangkaian Langkah

Langkah-langkah kecil inilah yang akan menjadi fokus dari progres dan kemajuannya. Jangan pernah memandang target yang masih jauh dari pencapaian, melainkan selalu ukur prestasi Anda dalam menjadi seseorang yang selangkah lebih baik dari tiap capaian. Ciptakan sub-tujuan yang konkret, dapat diukur, dan memiliki tenggat waktu.

6. Beri Tahu Partner dan Teman Anda Tentang Target dan Tujuan Anda

Anda akan mendapatkan lebih banyak motivasi dan dukungan dari kerabat jika membagikannya dengan orang-orang terdekat. Mereka mungkin juga akan menjadi orang-orang yang tidak bosan mengingatkan dan memberikan informasi seputar pencapaian dari tujuan Anda.

7. Agar Tetap Termotivasi, Buatlah Checklist Mengenai Capaian dari Resolusi Anda

Anda dapat menempelnya di depan meja belajar, pintu kamar, atau bahkan memasangnya sebagai wallpaper handphone Anda.

8. Beri Hadiah Kecil Setiap Kali Anda Mencapai Sub-Tujuan Sebagai Bentuk Apresiasi

Cara ini juga dapat membantu dan memotivasi Anda untuk terus berjuang pada progres dan kemajuan.

9. Buatlah Evaluasi untuk Mengetahui Dinamikan Progres yang Anda Lakukan

Anda dapat membuatnya dalam bentuk catatan ringan di buku tulis atau di komputer dengan grafik dan tabel yang jelas.

10. Jangan Pernah Menyerah pada Sebuah Kemunduran

Anggap itu sebagai beberapa langkah ke belakang untuk lompatan dan lari yang lebih cepat, tinggi, dan melesat.

Mulai dari Sekarang
Setelah membaca tips di atas, segera lakukan rancangan resolusi tahun baru Anda untuk hidup yang lebih ideal dan sehat. Anda dapat memulainya dengan beberapa penjabaran target tahun baru dengan langkah-langkah konkretnya, seperti:

  1. Menurunkan berat badan: Cari tips praktis untuk menurunkan berat badan berlebih, Mengubah asupan makanan menjadi lebih sehat dan bergizi, dan Merancang rencana penurunan berat badan dalam 12 minggu.
  2. Berhenti merokok: Cari teman yang telah berhenti merokok untuk konsultasi, Mengunduh aplikasi yang dapat membantu upaya Anda berhenti merokok.
  3. Aktif berolahraga: Tingkatkan kebugaran Anda dengan ide-ide aktivitas yang menyenangkan dan praktis, install aplikasi kebugaran, dan menonton video instruksi lakukan fisik.
  4. Mengurangi asupan alkohol: Hitung frekuensi minum alkohol Anda sebelumnya, cari teman yang dapat memberikan tips untuk mengurangi kebiasaan meinum alkohol, buat target pengurangan minum.
  5. Makan sehat: Mulai kembali memasak makanan sehat untuk keluarga, membuat bekal saat bepergian, membaca buku tentang kesehatan dan gizi.
Hidup Sehat

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*