Rutin Melakukan Latihan Keseimbangan Itu Penting

Menemukan keseimbangan di seluruh bagian hidup Anda merupakan hal yang penting. Hal ini termasuk mengembangkan keseimbangan di dalam tubuh. Dengan latihan keseimbangan, Anda dapat meningkatkan koordinasi dan kekuatan, membuat Anda dapat bergerak dengan lebih bebas dan stabil. Memperkuat stabilitas, mobilitas, dan fleksibilitas akan membuat melakukan tugas sehari-hari menjadi lebih mudah. Latihan keseimbangan juga dapat meningkatkan kinerja atletik. Artikel ini akan membahas hal-hal seputar latihan keseimbangan yang perlu Anda tahu.

Jenis latihan keseimbangan yang bisa Anda lakukan

Latihan keseimbangan melatih otot inti, punggung bawah, dan kaki. Dengan melakukan latihan kekuatan tubuh bagian bawah, Anda dapat membantu meningkatkan keseimbangan. Meskipun terkadang latihan keseimbangan sulit untuk dilakukan, sehingga usaha yang konsisten dan terus menerus akan membuat latihan tersebut lebih mudah seiring dengan berjalannya waktu. Setelah Anda mulai terbiasa melakukan latihan keseimbangan, tingkatkanlah jumlah repetisi. Lambut laun Anda akan merasa lebih mudah dalam melakukannya. Penting untuk memiliki seseorang yang bisa melatih atau membantu Anda dalam latihan (terutama apabila Anda berusia lanjut atau memulai berlatih untuk pertama kalinya).

Anda juga bisa memodifikasi latihan keseimbangan, tingkatkan atau kurangi tingkat kesulitan setiap jenis latihan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Mulailah melakukan latihan keseimbangan dari sisi tidak dominan Anda, sehingga akan lebih mudah untuk melakukan latihan pada sisi berikutnya. Agar masing-masing sisi seimbang, gandakan tingkat latihan pada sisi yang kurang dominan.

  • Latihan keseimbangan pada lansia

Bagi Anda yang sudah berusia lanjut, Anda bisa melakukan beberapa latihan berikut ini tubuh tetap aktif, meningkatkan keseimbangan, koordinasi, dan mencegah jatuh atau cidera. Beberapa latihan tersebut adalah berjalan di atas tali (letakkan tali di lantai kemudian berjalanlah di atasnya tanpa menginjak bagian-bagian di sisi tali) selama setidaknya 15 langkah. Selain itu, Anda bisa melakukan latihan “rock the boat”. Untuk jenis latihan ini, berdirilah dengan kedua kaki lurus dengan jarang sepinggang. Taruh berat tubuh Anda pada kedua kaki dengan seimbang. Pindahkan semua beban ke kaki kiri dan angkat kaki kanan. Tahan selama 30 detik dan turunkan kaki kanan dengan perlahan. Ulang langkah tersebut secara bergantian masing-masing 10 kali.

  • Latihan keseimbangan untuk anak-anak

Bagi anak-anak, latihan keseimbangan adalah latihan yang menyenangkan. Selain itu, latihan ini juga merupakan cara terbaik agar anak memiliki kesadaran akan kondisi tubuh mereka. Anda bisa mengkombinasi latihan keseimbangan dengan aktivitas belajar seperti soal matematika, kosakata baru, dan trivia. Anak bisa melakukan latihan keseimbangan bean bag. Caranya, taruh bean bag atau benda yang serupa pada kepala atau pundak anak. Minta ia untuk berjalan di garis yang lurus sambil menjag postur tubuh agar bean bag tidak jatuh. Apabila ia sudah mahir, tambahkan tingkat kesulitan dengan memintanya untuk berjalan secara zig-zig atau memutar, bergerak maju dan mundur atau dari sisi satu ke sisi yang lain.

Keseimbangan yang meningkat akan membuat aktivitas sehari-hari menjadi lebih mudah untuk dilakukan, misalnya naik tangga, membawa benda-benda yang berat, dan lain-lain. Dasar yang kuat dan stabil akan membuat Anda bergerak dengan lebih mudah dan penuh koordinasi. Dengan latihan keseimbangan, Anda juga bisa memiliki gerakan yang lebih kuat dan maju pada saat melakukan aktivitas atletik. Mengembangkan keseimbangan yang baik akan meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan dan kadar kebugaran.

Olahraga

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*