Pilihan Obat Luka Bakar Alami untuk Mengobati Luka Bakar

Luka bakar merupakan salah satu jenis luka yang paling umum dialami oleh sebagian besar orang. Beberapa contoh luka bakar yang sering terjadi dikarenakan terkena cipratan minyak saat memasak, ketumpahan teh atau kopi panas, terkena panas dari alat setrika, tersenggol knalpot motor, hingga terpapar sinar matahari.

Ada beberapa obat luka bakar alami yang dapat anda gunakan untuk mengobati luka bakar. Pengobatan alami untuk luka bakar ini dapat membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan luka bakar, serta membantu meningkatkan penyembuhan luka bakar.

Proses pemulihan luka bakar ringan biasanya hanya sekitar 1-2 minggu dan tidak menyebabkan jaringan parut. Jika Anda mengalami luka bakar tingkat pertama dan tergolong ringan, bisa diobati dengan obat luka bakar alami berikut ini.

  1. Aliri dengan air dingin

Sebagai pertolongan pertama untuk mengatasi luka bakar ringan adalah aliri dengan air dingin selama 20 menit. Anda juga bisa mengompres luka bakar dengan menggunakan kain yang sudah dibasahi air dingin selama 5-15 menit. Cara ini mampu meredakan rasa nyeri dan pembengkakan.

Namun perlu diingat, jangan terlalu sering atau terlalu lama mengompres luka bakar dengan air dingin karena bisa menyebabkan luka bakar menjadi iritasi.

  • Lidah buaya

Lidah buaya merupakan bahan alami yang ampuh dalam mengatasi luka bakar. Hal ini dikarenakan kandungan zat antiradang yang terdapat pada lidah buaya mampu melancarkan sirkulasi darah dan memperlambat perkembangbiakkan bakteri.

Beberapa studi membuktikan bahwa lidah buaya efektif dalam mengobati luka bakar tingkat pertama dan kedua. Caranya oleskan gel lidah buaya yang segar langsung dari tanaman ke area kulit yang terkena luka bakar.

  • Oleskan madu

Madu ternyata bisa membantu menyembuhkan luka bakar ringan, karena kandungan zat antiradang, antijamur, dan antibakteri yang terdapat di dalamnya. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, cukup oleskan madu pada area kulit yang mengalami luka bakar.

  • Hindari paparan sinar matahari

Area kulit yang mengalami luka bakar biasanya sangat sensitif terhadap paparan sinar matahari. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menghindari aktivitas di bawah paparan sinar matahari atau melapisinya menggunakan pakaian yang berlengan panjang.

Luka bakar dapat dibagi menjadi tiga tingkatan berbeda, yaitu tingkat pertama, kedua dan ketiga tergantung dari tingkat kedalaman kulit yang terkena. Untuk luka bakar tingkat pertama yang ringan harus diobati untuk mengurangi rasa nyeri, mencegah timbulnya infeksi, dan menyembuhkan kulit lebih cepat.

Beberapa waktu setelah mengalami luka bakar, lepuhan berupa gelembung akan timbul. Sebisa mungkin untuk tidak memecahkan gelembung luka bakar yang melepuh pada kulit. Memecahkan lepuhan luka bakar secara sengaja dapat menyebabkan infeksi.

Jangan pernah menunda pengobatan luka bakar karena dapat menyebabkan kondisi yang lebih serius. Oleh sebab itu, segera lakukan perawatan luka bakar menggunakan obat luka bakar yang tepat.

Hidup Sehat

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*