Perlunya Diet Khusus Agar Sembuh dari Penyakit Hashimoto

Penyakit Hashimoto (Hashimoto’s Disease) adalah peradangan pada kelenjar tiroid karena sistem imu menyerang sel dan jaringan tiroid. Jika terserang penyakit hashimoto, maka fungsi kelenjar tiroid akan mengalami penurunan. Hal itu tentunya akan mengganggu metabolisme tubuh. Untuk mengatasi penyakit hashimoto, Anda dapat menggunakan obat yang diresepkan oleh dokter. Namun, Anda sebaiknya tetap menjalani diet khusus untuk membantu mempercepat penyembuhan. 

penyakit hishimoto

Gejala pada penderita penyakit hashimoto

Penyakit hashimoto umumnya bergerak dan berkembang secara perlahan. Awalnya, penderita penyakit hashimoto tidak akan menunjukkan gejala apapun. Penyakit hashimoto yang telah terjadi bertahun-tahun akan menyebabkan kondisi hipotiroidisme. Hipotiroidisme adalah kondisi ketika tubuh mengalami kekurangan hormon tiroid . Ketika penyakit hasimoto telah menjadi hipotiroidisme, akan muncul beberapa gejala yang bisa Anda tandai seperti berikut ini. 

  1. Sembelit atau sulit Buang Air Besar (BAB)
  2. Badan mudah lemas dan lesu. Otot terasa nyeri, kaku, dan sakit ketika disentuh. 
  3. Sensitif terhadap dingin
  4. Terjadi pembengkakan pada lidah dan menorrhagia
  5. Depresi dan sulit mengingat sesuatu
  6. Kulit pucat dan kering, serta suara menjadi serak 
  7. Kuku dan rambut rapuh
  8. Berat badan meningkat tanpa sebab

Diet khusus sebagai obat alami penyakit hashimoto

Menjaga pola makan atau diet khusus adalah salah satu hal penting yang perlu dilakukan guna menyembuhkan penyakit hashimoto. Diet khusus ini dapat dijalankan beriringan dengan konsumsi obat dokter. Dengan menjalankan diet khusus, berbagai gejala dapat berkurang dan tubuh akan berangsur membaik. 

  1. Diet paleo

Diet paleo adalah pola makan yang mengutamakan konsumsi makanan pada periode paleolitikum (zaman berburu dan meramu). Beberapa makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi ketika menjalani diet paleo adalah ikan, hewan laut, biji-bijian, kacang-kacangan, buah, sayur, dan daging rendah lemak.

  1. Diet gluten free

Diet gluten free adalah menghinfari makanan yang mengandung gluten sehingga autoimun tidak terpicu dengan mudah. Beberapa makanan mengandung gluten yang sebaiknya dihindari yaitu pizza, gandum, kue, pasta, dan roti. Penderita penyakit hashimoto yang masih mengonsumsi makanan mengandung gluten apalagi secara berlebihan dapat mengalami kerusakan jaringan dan terjadi peradangan di dalam tubuh. 

  1. Vegetarian atau vegan 

Mengubah pola makan menjadi vegetarian atau vegan juga membantu bagi penderita penyakit hashimoto. Vegetarian dan vegan memiliki sedikit perbedaan. Vegetarian adalah orang yang tidak mengonsumsi daging. Vegan adalah orang yang tidak mengonsumsi produk hewani termasuk madu, susu, butter, dan telur. Menjadi vegetarian atau vegan dapat mengurangi inflamasi, menyehatkan pencernaan, serta memperbaiki autoimun pada penderita penyakit hashimoto. Beberapa makanan perlu diprioritaskan jika memilih menjalani pola vegetarian yaitu sayur, protein nabati, legume, minyak sayur, buah, kacang-kacangan, dan biji-biijian.  

  1. Tambahkan yodium

Untuk menyembuhkan penyakit hashimoto, Anda perlu mengonsumsi mineral berupa yodium. Takaran yang digunakan tidak boleh berlebihan, sehingga pentingnya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Sumber yodium alami bisa didapatkan pada beberapa makanan seperti garam meja, produk susu, telur, buah prune, dan hewan laut. 

  1. Tambahkan zinc

Selain yodium, zinc juga diperlukan bagi tubuh jika Anda menderita penyakit hashimoto. Zinc berguna dalam produksi hormon tiroid. Anda bisa mendapat zinc alami dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan seperti susu sapi, kacang-kacangan, daging sapi, daging ayam, tiram, dan kerang. 

  1. Tambahkan selenium

Untuk membantu menurunkan kadar antibodi yang menyerang tubuh, penderita penyakit hashimoto dapat mengonsumsi makanan yang mengandung selenium. Beberapa makanan yang kandungan seleniumnya tinggi di antaranya adalah tuna, telur, daging ayam, daging sapi, sarden, dan kacang Brazil. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen khusus selenium. 

Penyakit hashimoto tergolong penyakit serius sehingga penanganannya perlu dilakukan dengan pengawasan dokter. Jika Anda melakukan diet, pastikan sudah mendapat persetujuan dokter. Dengan pengawasan dari dokter, maka pengobatan yang Anda lakukan dapat lebih efektif dan efisien. 

Hidup Sehat

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*