Perawatan dan Pencegahan Floaters

Floaters mata adalah bintik atau titik pada penglihatan seseorang. Floaters akan tampak melayang atau mengapung menjauh saat seseorang ingin melihatnya langsung. Floaters terbentuk di daerah vitreous pada mata, dan merupakan suatu kondisi yang biasa atau normal terjadi. Daerah vitreous adalah bagian seperti gel yang mengisi mata. Pada umumnya, floaters tidak membutuhkan perawatan karena sifatnya yang tidak membahayakan pandangan. Namun, dalam beberapa kasus, floaters dapat membuat seseorang kesulitan dalam melihat dan membutuhkan pembersihan untuk mengembalikan kemampuan melihat.

Penyebab Floaters

Floaters mata merupakan fenomena alami yang terjadi pada bagian vitreous pada mata. Vitreous inilah yang menyebabkan mata memiliki bentuk bulat. Floaters terjadi saat tubuh vitreous mulai menyusut. Saat hal ini terjadi, serat-serat kecil akan terlepas atau dokter biasa menyebutnya sebagai detasemen vitreous. Detasemen ini menyebabkan kumpulan serpihan yang dapat mengganggu cahaya untuk masuk ke dalam mata. Serpihan tersebut akan membentuk bayangan, yang menyebabkan floaters terlihat. Floaters mata merupakan hal yang normal terjadi pada seseorang dengan bertambahnya usia. Perkumpulan Ahli Retina Amerika menyatakan bahwa detasemen vitreous, yang menyebabkan banyak floaters, umum terjadi pada mereka yang berusia di atas 60 tahun. Semua orang dapat memiliki floaters, dan banyak pula yang mengabaikannya. Kebanyakan orang baru akan menyadari memiliki floaters saat mereka melihat permukaan yang kosong dan terang seperti langit. Pada awalnya, floaters dapat mengganggu penglihatan dan aktivitas. Namun, kebanyakan floaters akan mengendap di bagian bawah mata, di bawah bidang visi. Meskipun demikian, Perkumpulan Ahli Retina Amerika merekomendasikan mereka yang tiba-tiba memiliki gejala floaters untuk memeriksakan mata ke dokter mata pada beberapa bulan pertama setelah gejala timbul, untuk memastikan adanya gangguan kesehatan lebih serius atau tidak.

Perawatan floaters

Kebanyakan kasus floaters tidak membutuhkan perawatan. Floaters biasanya hanya berupa gangguan kecil pada mereka yang memiliki tubuh sehat, dan jarang menjadi penanda masalah kesehatan yang lebih serius. Apabila floaters mengganggu pandangan Anda, gerakkan mata Anda dari kiri ke kanan, atas ke bawah untuk menggerakan serpihan. Saat cairan di dalam mata bergerak, floaters juga akan ikut bergerak. Akan tetapi, floaters dapat merusak penglihatan Anda, terutama apabila kondisinya semakin memburuk. Apabila hal ini terjadi, dokter mungkin akan merekomendasikan perawatan dalam bentuk operasi dan pembersihan menggunakan metode laser.

Pada perawatan laser, dokter mata menggunakan laser untuk menghancurkan floaters dan membuatnya tidak terlihat pada bidang visi. Metode laser ini tidak banyak digunakan karena dianggap eksperimental dan memiliki risiko kerusakan retina. Untuk perawatan berupa operasi, dokter mata akan vitreous dalam sebuah prosedur yang disebut dengan vitrectomy. Setelah vitreous dibersihkank, mata akan diisi dengan larutan garam steril untuk menjaga mata tetap dalam bentuk alaminya. Seiring berjalannya waktu, tubuh akan mengganti larutan garam steril tersebut dengan cairan alaminya. Vitrectomy mungkin tidak akan membersihkan semua floaters, dan tidak akan mencegah floaters terbentuk. Prosedur ini juga dianggap sangat berisiko karena dapat merusak atau membuat retina sobek dan berdarah.

Pencegahan floaters

Karena sifatnya yang terbentuk akibat bertambahnya usia, tidak ada metode khusus untuk mencegah terjadinya floaters. Namun, Anda masih bisa memastikan floaters bukan berasal dari masalah kesehatan yang lebih serius. Apabila Anda melihat terdapat floaters pada pandangan Anda, segera hubungi dokter mata untuk memastikan floaters buan gejala atau tanda-tanda kondisi kesehatan yang lebih serius yang dapat merusak penglihatan Anda.

Penyakit

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*