Membuat Eye Mask Di Rumah, Mengapa Tidak?

Anda sangat disarankan untuk menjaga kesehatan area mata, misalnya dengan rutin menggunakan masker mata alias eye mask.

Apakah Anda menyadari bahwa area sekitar mata merupakan bagian wajah yang biasanya paling dominan menunjukkan tanda-tanda penuaan? Itu sebabnya, penting sekali untuk menjaga kesehatan kulit pada daerah tersebut. Salah satu caranya dengan memakai masker mata atau eye mask

Sesuai namanya, eye mask merupakan masker yang penggunaannya khusus pada area sekitar mata. Dibanding kulit pada bagian wajah lain, kulit di sekitar mata memang lebih tipis dan karakternya lebih kompleks, sehingga rentan terjadi kerutan. Terlebih, pada wajah mereka yang kerap terpapar sinar ultraviolet. 

Beberapa waktu lalu, kebanyakan masker mata yang beredar di pasaran berbentuk gel atau krim. Kini, Anda sudah bisa menemukan masker mata dalam bentuk patch atau sheet yang ditempel langsung ke area sekitar mata. 

Apakah Anda harus selalu mengandalkan eye mask yang tersedia di pasaran? Tentu tidak. Anda bisa membuat masker mata sendiri di rumah loh. 

Cara mudah membuat eye mask

Sebagian besar produk masker mata berisi bahan untuk memperlambat proses penuaan dini. Bahan-bahan yang umum digunakan, antara lain vitamin C, vitamin E, niacinamide, serta teh hijau. 

Beberapa jenis bahan kimia juga kadang ditambahkan ke dalam eye mask. Sebagai contoh, untuk mengatasi kerutan, kadang digunakan retinol. Contoh lainnya, untuk memudarkan warna hitam di bawah mata, digunakan asam kojic. Kafein juga kadang dimanfaatkan untuk mengempiskan kantong mata. 

Di antara Anda mungkin ada yang bertanya-tanya, apakah aman menggunakan bahan kimia untuk masker mata? Perihal keamanan ini tidak menjadi masalah, selama Anda membeli produk yang telah terdaftar dan memperoleh izin edar dari BPOM. 

Namun, bagi Anda yang ingin memanfaatkan bahan alami dalam melawan tanda penuaan dini di sekitar mata, cobalah untuk membuat eye mask sendiri di rumah. 

1. Masker timun

Khasiat timun sebagai masker mata rasanya sudah bukan rahasia lagi. Dapat dikatakan ini merupakan bahan klasik yang digunakan oleh banyak orang, hampir di seluruh dunia. 

Cara penggunaannya pun tidak rumit sekali, Anda cukup masukkan timun ke dalam lemari pendingin selama kurang lebih 30 menit. Kemudian, tempelkan timun di area sekitar mata. Diamkan masker timun ini selama 30 menit. 

Sederhana sekali, bukan? Meski demikian, masker timun ini dapat menyegarkan kulit di sekitar mata serta mengatasi mata lelah akibat terlalu lama menatap layar komputer misalnya. 

2. Masker daun teh

Kabar baik bagi Anda pecinta teh. Tak hanya nikmat saat diminum, daun teh juga dapat Anda manfaatkan sebagai eye mask

Jadi mulai sekarang, daun teh yang telah digunakan sebaiknya tidak langsung dibuang. Simpan daun teh di dalam kulkas selama 5-10 menit. Lalu, aplikasikan pada mata kurang lebih 10-15 menit. Setelahnya dibilas dengan air bersih. 

Baik daun teh hijau atau teh teh hitam dapat digunakan sebagai masker mata. Menggunakan masker daun teh dapat membantu meredakan bagian bawah mata yang bengkak atau mata panda. 

Seperti disebutkan sebelumnya, kafein dapat membantu untuk mengempiskan kantong mata. Di dalam teh, terkandung kafein dan berbagai zat lainnya. Tidak heran, bila daun teh dapat memberikan manfaat ketika digunakan sebagai eye mask

Untuk memperoleh manfaat yang optimal, Anda tentu perlu menggunakan masker mata tersebut secara rutin. Jadi, masker mata dari timun atau daun teh yang akan segera Anda coba?

Uncategorized

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*