Manfaat Bunga Kantil Ini Dapat Obati Masalah Psikologis!

Bunga kantil sering kali diidentikkan dengan hal-hal yang mistik, padahal jika Anda tahu, manfaat bunga kantil banyak sekali bagi kesehatan tubuh. Namun, orang jarang sekali tahu tentang manfaat dari bunga tersebut. 

Bunga kantil banyak sekali tumbuh di hampir seluruh wilayah Indonesia ini biasanya tumbuh di daerah pemakaman. Hal inilah yang membuat bunga kantil sering dianggap mistis oleh banyak orang. Bunga ini memiliki warna putih dengan ujung tangkai yang berwarna hijau dan memiliki aroma yang sangat kuat serta wangi sekali.

Meskipun sering dianggap mistis, bunga kantil memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan di antaranya:

  1. Mengobati kecemasan

Bunga kantil memiliki kandungan ansiolitik yang secara langsung dapat mempengaruhi keseimbangan hormonal dalam tubuh, terutama hormon stres atau mengelola kecemasan. Dengan mengatur sistem endokrin, bunga kantil dapat membantu mengurangi kecemasan dan stres tersebut, sehingga akan menenangkan pikiran dan menurunkan pelepasan hormon dalam tubuh. Selain itu, manfaat bunga kantil lainnya dapat membantu meringankan depresi dengan merangsang pelepasan hormon dopamine dan kesenangan yang dapat membantu mengubah suasana hari Anda. 

  1. Mengurangi radang gusi

Radang gusi atau yang biasa disebut dengan gingivitis dapat dikurangi dengan bunga kantil ini. Jadi, bunga kantil akan mengurangi perdarahan ataupun pembengkakan akibat radang gusi. Carilah pasta gigi yang mengandung ekstrak bunga kantil untuk mengobati masalah mulut tersebut. 

  1. Meringankan gejala pada menopause

Sebuah penelitian mengatakan bahwa mengonsumsi produk tertentu yang mengandung ekstrak bunga kantil dapat meringankan gejala pada penderita menopause yang berupa hot flashes. Tidak hanya itu, penderita pun akan mendapatkan kualitas tidur yang baik. 

  1. Mengelola diabetes

Manfaat lain dari Bunga kantil adalah dapat mengelola diabetes, di mana kemampuan senyawa aktifnya dapat meniru kortisol, yang berpotensi membantu tubuh mengontrol pelepasan dan pengelolaan gula darah pada penderita diabetes. Hal ini pun dapat sangat membantu mencegah diabetes berkembang lebih tinggi lagi. 

  1. Meningkatkan kesehatan hati

Bersamaan dengan menstimulasi sistem limfatik dan meningkatkan tingkat racun yang dikeluarkan dari tubuh. Manfaat bunga kantil pun sering kali dikaitkan dapat mengurangi penumpukan lemak di sekitar hati, salah satu penyebab utama gagal hati setelah mengonsumsi alkohol berlebihan. 

Selain beberapa manfaat di atas, bunga kantil pun dipercaya dapat meringankan beberapa gangguan kesehatan seperti berikut:

  • Kecemasan
  • Depresi
  • Masalah pencernaan
  • Peradangan
  • Hidung tersumbat
  • Hidung berair
  • Pilek biasa
  • Sakit kepala
  • Bintik hitam wajah
  • Sakit gigi

Namun perlu Anda ketahui, bunga kantil bisa berbahaya jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Pasalnya, mengonsumsi kuncup bunga kantil disebut dapat menyebabkan rahim kontraksi dan dapat menyebabkan keguguran. Begitupun pada ibu menyusui, meskipun efeknya belum jelas diketahui, ada baiknya untuk menghindari mengonsumsi bunga kantil. 

Pada beberapa orang, manfaat bunga kantil mungkin akan aman untuk tubuh mereka jika digunakan dalam jangka waktu pendek. Akan tetapi, ketika Anda menggunakan bunga kantil lebih dari 6 minggu bisa menyebabkan beberapa efek samping, seperti:

  • Sakit perut
  • Masalah seksual
  • Masalah tiroid
  • Sakit kepala

Meskipun manfaat bunga kantil sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan, namun beberapa faktor seperti usia pengguna, kesehatan dan beberapa kondisi lain dapat mempengaruhi apakah bunga kantil dapat memiliki manfaat pada tubuhnya atau tidak. Selain itu, efektivitas manfaat dari bunga kantil perlu untuk diteliti lebih lanjut lagi. Dan, jika Anda mengalami berbagai efek samping setelah mengonsumsi ekstrak bunga kantil, ada baiknya untuk menghubungi dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. 

Hidup Sehat
Tags: 

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*