Kenali Perbedaan Jamur & Psoriasis Kuku agar Tidak Tertukar

Kuku tidak hanya melengkapi kondisi fisik manusia, lebih jauh dari itu, kuku memiliki fungsi penting yang tak bisa dilupakan begitu saja. Fungsi utama kuku adalah melindungi ujung jari yang lembut dan penuh urat saraf, serta mempertinggi daya sentuh. Namun, seperti bagian tubuh lainnya, kuku juga rentan penyakit. Salah satunya psoriasis kuku.

Psoriasis kuku hanyalah salah satu jenis dari penyakit autoimun tersebut. Pengertian sederhananya, psoriasis membuat tubuh manusia memproduksi terlalu banyak sel kulit. Nah, jika terjadi pada kuku, psoriasis akan menyebabkan beberapa perubahan.

Masalahnya, beberapa gejala “kelaianan” yang terjadi di kuku belum tentu merupakan efek dari psoriasis. Pasalnya, jamur kuku juga bisa menyebabkan gejala yang sama. Psoriasis kuku dan jamur kuku dapat terlihat sama, tetapi keduanya adalah kondisi yang berbeda. Oleh karenanya, menjadi amat penting untuk mengenali perbedaan di antaranya.

  • Gejala Psoriasis Kuku

Sebenarnya gejala psoriasis kuku tak dapat digeneralisir. Pasalnya, jenis psoriasis amat mungkin menimbulkan gejala yang berbeda-beda. Belum lagi, gejala itu dapat berubah atau memburuk seiring berjalannya waktu. Namun, secara garis besar, seseorang yang menderita psoriasis kuku akan mengalami gejala seperti di bawah ini:

  • Kuku Berlekuk

Psoriasis akan membuat kuku mengalami penguningan, kemudian itu akan memicu terjadinya pelubangan yang semakin dalam. Kuku mungkin mulai terlihat agak kering, kemudian muncul tonjolan yang akhirnya membentuk celah yang dalam atau bahkan lubang.

  • Kuku Terlepas

Psoriasis kuku biasanya akan menyebabkan kuku terlepas dari dasar kuku. Ada kemungkinan juga kuku jatuh sepenuhnya atau hanya putus sebagian. Sebelum kuku jatuh, celah biasanya terbentuk di antara kuku dan ujung jari.

Kondisi itu berbeda dengan infeksi jamur yang cenderung mengubah bentuk dan tampilan kuku tetapi jarang menyebabkan kuku jatuh.

  • Perubahan Warna dan Struktur Kuku

Keratin adalah protein yang membantu membentuk kulit dan kuku. Psoriasis kuku terkadang menyebabkan terlalu banyak keratin tumbuh di bawah kuku. Ini disebut hiperkeratosis subungual.

Orang-orang dengan gejala ini mungkin melihat substansi putih lantaran berkapur di bawah kuku. Ketika ini terjadi pada kuku kaki, kaki bisa sakit karena adanya tekanan. Terlebih lagi jika sedang memakai sepatu.

  • Gejala Jamur Kuku

Infeksi jamur biasanya memengaruhi jari kaki, bukan pada kuku. Ini karena jari kaki lebih mungkin bersentuhan dengan jamur saat berjalan tanpa alas kaki. Namun, kondisi itu bisa berkembang dan merembet hingga menyebabkan jari kaki juga terdampak.

Orang yang melakukan manikur teratur atau tangan yang sering basah, sama-sama rentan terhadap infeksi jamur pada kuku. Beberapa gejala infeksi jamur pada kuku antara lain:

  • Warna Kuku

Infeksi jamur dapat menyebabkan hiperpigmentasi di kuku, artinya warna kuku berubah dimulai dengan titik abu-abu, kehijauan, atau cokelat samar yang menjadi lebih gelap dan lebih luas selama beberapa minggu atau bulan.

Bedanya dengan psoriasis kuku adalah, kondisi gangguan autoimun itu biasanya tidak menyebabkan bintik-bintik hitam pada kuku.

  • Perubahan Bentuk Kuku

Tidak seperti psoriasis kuku, infeksi jamur tidak menyebabkan lubang pada kuku. Sebaliknya, kuku cenderung berubah dari waktu ke waktu. Kuku mungkin menipis atau menebal, bahkan tak jarang menyebabkan kuku pecah.

  • Menyebar

Baik psoriasis kuku maupun infeksi jamur di kuku cenderung memburuk seiring berjalannya waktu. Namun, psoriasis kuku tidak menyebar atau menular melalui kontak fisik seperti infeksi jamur.

***

Dilihat dari gejalanya, sebenarnya perbedaan psoriasis kuku dan jamur kuku bisa dengan mudah kita kenali. Namun, ada beberapa kondisi yang menyebabkan kita tak bisa atau ragu dalam membuat satu keputusan. Oleh karena itu, disarankan untuk memeriksakan kondisi Anda di fasilitas medis agar mendapatkan diagnosis dan penanganan tepat dari tenaga medis yang berkompeten.

Penyakit
Tags: ,

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*