Kenali Gejala Maag Akut Serta Cara Mengatasinya

Penyakit maag terbagi menjadi maag kronis dan maag akut. Keduanya seringkali dianggap sama padahal berbeda dari segi serangan pada lambung. Maag kronis akan menimbulkan rasa sakit lebih lama sebab menyerang lambug secara bertahap dan perlahan. Sedangkan maag akut menimbulkan rasa sakit yang berlebihan namun bersifat sementara. Maag akut terjadi sebab lapisan lambung mengalami radang secara tiba-tiba.

Maag akut ini dapat disebabkan oleh berbagai hal seperti infeksi bakteri Helicobacter pylori, konsumsi alkohol berlebihan, cairan empedu masuk ke lambung, stres berlebih, serta penyakit autoimun. Jika Anda terlalu sering mengonsumsi obat pereda nyeri maka dapat menimbulkan maag akut juga. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menjaga kesehatan agar tidak terserang maag akut.

Berbagai gejala maag akut

Banyak orang memiliki penyakit berupa maag akut namun mengira memiliki penyakit lain. Hal tersebut dikarenakan beberapa gejala dari maag akut mirip dengan penyakit lain. Berikut ini beberapa gejala yang seringkali muncul jika Anda menderita maag akut.

  • Mual dan muntah

Merasa mual setelah setiap saa? Bisa jadi Anda terkena maag akut. Salah satu gejala yang sering muncul pada penderita maag akut yaitu sering merasa mual, bahkan hingga muntah terutama setelah makan.

  • Sakit perut bagian atas

Penderita maag akut akan merasa sakit pada perut bagian atas. Terkadang, muncul pula rasa terbakar yang dapat menjalar menuju dada dan kerongkongan. Jika sakit sering muncul, maka kondisi Anda sudah parah dan sebaiknya segera mengunjungi dokter.

  • Masalah pencernaan dan feses berwarna hitam

Lambung yang mengalami iritasi sebab maag akut, dapat menyebabkan masalah pencernaan. Asam lambung yang berlebih pada penderita maag akut juga dapat menyebabkan kesulitan menelan. Selain itu, jika feses Anda berwarna hitam, Anda mungkin saja terkena maag akut.

  • Berkurangnya nafsu makan

Gejala lain yang muncul ketika mengalami maag akut yaitu berkurangnya nafsu makan. Hal ini sangat umum dirasakan oleh para penderita maag akut. Selain itu, biasanya perut akan merasa begah setelah makan.

Berbagai obat untuk mengatasi maag akut

Untuk mengatasi maag akut, Anda dapat mengonsumsi beberapa jenis obat berikut ini. Akan tetapi, sebaiknya Anda tetap mengonsumsi obat-obatan berikut ini menggunakan arahan dari dokter agar mendapat dosis tepat.

  • Obat golongan antasida

Pemberian obat golongan antasida juga dapat membantu mengatasi maag akut. Berbagai obat golongan antasida berfungsi untuk menetralkan asam berlebih pada lambung. Obat ini dapat dibeli tanpa resep dokter namun tidak untuk dikonsumsi dalam waktu lama sebab dapat menimbulkan efek samping.

  • Obat golongan H-2 receptor blockers

Maag akut yang disebabkan peradangan dinding lambung  atau gastritis dapat diatasi dengan obat golongan H-2 receptor blockers. Beberapa obat yang termasuk golongan ini di antaranya cometidine, famotidine, atau ranitidine.

  • Obat golongan Proton Pump Inhibitor (PPI)

Obat Proton Pump Inhibitor (PPI) memiliki fungsi mirip seperti H-2 receptor blockers, yaitu dapat menurunkan produksi asam lambung sebab menghambat pompa proton. Beberapa obat PPI yang seringkali diresepkan oleh dokter yaitu omeprazole, esomeprazole, lanzoprazole, atau pantoprazole.

  • Obat coating agent

Untuk Anda yang sering mengonsumsi obat antinyeri, maag akut dapat muncul dan melukai lambung. Mengonsumsi obat coating agent seperti misoprostol atau sucralfate dapat membantu melindungi lapisan lambung. 

  • Obat antibiotik

Apabila maag akut yang Anda alami disebabkan oleh infeksi bakteri Helicobacter pylori, maka Anda akan membutuhkan obat antibiotik seperti amoxicillin, clarithromycin, atau tetracyline. Obat antibiotik membutuhkan 10 hari hingga 4 minggu agar bekerja dengan baik tergantung kondisi Anda.

Beberapa cara juga dapat Anda terapkan untuk mencegah mengalami maag akut.  Pertama, Anda harus membatasi jumlah konsumsi alkohol serta obat pereda nyeri. Kedua, untuk menghindari infeksi bakteri, Anda dapat menjaga kebersihan dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun. Selain itu, masak makanan dengan benar hingga matang agar bakteri yang terkandung di dalamnya mati. Ketiga, kelola stres Anda agar tidak menumpuk serta menjadi beban. Usahakan untuk segera menemui dokter jika terdapat gejala maag akut untuk mengetahui penyebabnya serta mendapat pengobatan yang tepat.

Penyakit
Tags: 

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*