Kebiasaan Sehari-hari yang Sebabkan Neuropati Radialis

Umumnya saraf terjepit terjadi bagian tulang belakang. Namun, tahukah Anda bahwa saraf terjepit juga bisa terjadi di bagian tangan? Dunia medis mengenalnya sebagai neuropati radialis, yang merupan kondisi terjadinya saraf terjepit di bagian siku bawah sampai lengan bagian atas.

Saraf terjepit yang terjadi di bagian tangan tersebut menyebabkan Anda menjadi sulit mengontrol gerakan tangan Anda. Mati rasa dan kesemutan menjadi gejala yang umum terjadi pada penderita neuropati radialis. Selain itu seperti penyakit saraf terjepit di bagian lain, kondisi ini akan membuat Anda merasa nyeri kuat di bagian yang mengalami pembengkakan.

Kondisi masalah saraf yang muncul di lengan ini biasa dialami seseorang akibat mengalami cedera di bagian tersebut. Namun selain itu, ternyata ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang membuat Anda juga rentan terkena penyakit ini. Berikut ini adalah beberapa kebiasaan sehari-hari yang menimbulkan risiko neuropati radialis.

  1. Pemakaian Jam Tangan dan Gelang

Pernah tidak berpikir bahwa memakai jam tangan dan gelang bisa menimbulkan risiko penyakit pada tangan Anda lama-kelamaan? Nyatanya, memakai jam tangan maupun gelang secara terus-menerus memang bisa menimbulkan risiko penyakit neuropati radialis. Risiko akan semakin besar apabila Anda termasuk orang yang senang menggunakan jam tangan ataupun gelang secara ketat.

Pemakaian jam tangan dan gelang secara terus-menerus membuat pegelangan tangan menjadi menyempit. Kondisi inilah yang memengaruhi saraf radial yang berada di sekitar area tersebut. Saraf radial menjadi terjepit ketika terjadinya penyempitan sehingga pada akhirnya menimbulkan pembengkakan yang dikenal sebagai neuropati radialis.

  • Salah Tidur

Kebanyakan orang tidak menyadari bagaimana posisi badannya ketika sedang terlelap. Tidak jarang, posisi tubuh seseorang salah ketika sedang tidur sehingga menimbulkan berbagai keluhan. Risiko saraf terjepit di berbagai area tubuh pun mengintai Anda yang sering salah tidur, tidak terkecuali pada saraf radial di bagian tangan.

Ada kemungkinan Anda tidur dengan menindihkan kepala di salah satu pegelangan tangan Anda. Sekali dua kali, posisi tersebut mungkin tidak menimbulkan keluhan apa-apa. Namun lama-kelamaan coba Anda rasakan, Anda pasti akan sering mengalami kesemutan dan mati rasa di bagian pegelangan tangan yang merupakan tanda terjepitnya saraf radial.

  • Menyandarkan Lengan ke Sandaran Kursi

Menyandarkan lengan ke sandaran kursi banyak dipilih seseorang untuk menghasilkan kesan santai. Dengan menyandarkan lengan ke sandaran, Anda juga merasa lebih rileks. Namun ternyata, kebiasaan yang satu ini cukup berbahaya bagi saraf radial Anda.

Kebiasan menyandarkan lengan ke sandaran kursi bisa membuat lengan bagian atas tertekan sehingga menimbulkan pembengkakan pada saraf radial. Jika sudah seperti itu, Anda akan merasa nyeri dan sering mengalami kesemutan, yang merupakan tanda-tanda umum dari neuropati radialis.

  • Posisi Mengetik Salah

Dewasa ini menjadi hal yang sangat lumrah orang menghabiskan waktunya berjam-jam setiap hari di depan laptop, entah itu untuk pekerjaan ataupun sekadar menghabiskan waktu. Namun berhati-hatilah, risiko terserang neuropati radialis juga besar bagi Anda yang banyak beraktivita di depan laptop, khususnya untuk mengetik.

Bagaimana posisi mengetik Anda? Jika saat mengetik bagian lengan Anda menggantung, waspadalah terhadap posisi yang salah tersebut. Tangan yang menggantung ketika sedang mengetik membuat tekanan pada lengan dan saraf radial semakin besar. Pada akhirnya, posisi tersebut akan memicu pembengkakan pada saraf radial.

*** Mulai sekarang cobalah lebih berhati-hati dalam melakukan kebiasaan sehari-hari di atas, ya? Tujuannya jelas agar kondisi tangan Anda terhindar dari penyakit neuropati radialis. Dengan demikian, aktivitas harian Anda tidak akan terganggu.

Hidup Sehat

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*