Ingin Kulit Lebih Halus dan Tampak Muda? Coba Pakai Asam Malat

Pernahkah Anda mendengar tentang asam malat? Jika Anda salah termasuk penggunak skin care tentu sedikit banyak pernah mendengar tentang asam ini. Malic acid atau asam malat ini merupakan salah satu keluarga dari alpha hydroxy acid atau AHA yang dibuat secara alami oleh sel-sel tubuh setiap hari. 

asam malat

Seperti yang kita ketahui, kandungan AHA dikenal dapat mempercepat pengelupasan kulit sehingga membuka ruang untuk sel kulit yang baru.  Nah, asam malat ini menjadi salah satu jeniis AHA yang bermanfaat untuk kulit. Berikut penjelasan tentang malic acid dan manfaatnya. 

Asam malat

Asam malat berasal dari kata latin malum, yang berarti apel. Asam malat adalah bagian dari kelaurga asam buah-buahan yang dapat merangsang pengelupasan kulit. Jadi, kulit kusam dihilangkan untuk memberi jalan bagi kulit yang lebih baru. Produk perawatan kulit yang mengandung asam ini dapat memberikan beberapa manfaat di antaranya:

  • Hidrasi kulit 
  • Pengelupasan kulit, atau pengangkatan sel kulit mati
  • Meningkatkan kehalusan dan warna kulit
  • Pengurangan kerutan

Perlu Anda ketahui, tubuh Anda juga bisa menghasilkan asam malat secara alami saat mengubah karbohidrat menjadi energi. 

Asam malat dapat membersihkan dan meremajakan kulit

Produk yang mengandung malac acid terkenal akan kemampuannya untuk mencerahkan kulit dan menghaluskan tekstur kulit. Itulah mengapa produk dengan kandungan ini berguna untuk anti penuaan. Kondisi kulit wajah yang buruk bisa terjadi karena stres yang berlebihan. 

Kondisi tersebut dapat membuat masalah kulit seperti eksim, jerawat, dan penuaan dini. Sementara, anggur dapat membantu mengurangi stres, dan penggunaan asam malat secara eksternal dapat membantu membuat kulit menjadi lebih sehat. 

Keseimbangan dan hidrasi pH kulit

Asam malat juga merupakan humektan, yang membantu retensi kelembapan untuk kulit Anda tetap terhidrasi. Kandungan asam ini pun sering kali digunakan sebagai bahan kosmetik untuk menyeimbangkan kadar pH. Pasalnya, asam malat memiliki asam yang lebih seimbang dibandingkan asam pada buah lain. Jadi, jika tingkat pH Anda tidak seimbang, maka perlindungan kulit Anda pun tidak akan stabil dan lebih rentan terhadap kulit kering dan jerawat. 

Anti penuaan dan pencerah pada bekas luka

Kandungan AHA pada produk kecantikan dapat meningkatkan pergantian sel kulit yang tinggi. Hal ini berarti sel kulit Anda akan diperbaharui lebih cepat dan menghasilkan:

  • Garis halus dan kerutan yang memudar
  • Warna kulit lebih merata
  • Tekstur kulit lebih halus
  • Noda berkurang

Asam malat pada konsentrasi yang lebih tinggi juga dapat menembus ke tingkat yang lebih rendah dari kulit untuk menghasilkan pembentukan kolagen baru. Kolagen adalah protein yang membantu membangun dan memperbaiki sel. Hal ini mendukung kekuatan dan flesksibilitas kulit dan jaringan tubuh lainnya yang cepat kendur. 

Produksi kolagen tersebut akan melambat seiring berjalannya usia, itulah sebabnya kulit akan kehilangan elastisitas dan kekencangan saat usia Anda bertambah. Menggunakan produk asam malat dapat menignkatkan produksi kolagen dan mengurangi tanda-tanda penuaan. 

Pencegah jerawat

Asam malat yang terdapat pada lotion, pembersih, ataupun bahan pengelupasan ringan dapat membantu menghilangkan penumpukan sel-sel kulit mati. Kandungan asam ini pun baik untuk kulit yang rentan terhadap jerawat. 

Jadi, asam malat akan memecah jaringan yang mengikat sel-sel kulit mati di lapisan luar kulit. Ketika sel-sel kulit mati tersebut tersapu, kulit Anda akan terlihat lebih cerah dan pori-pori tidak akan tersumbat. Kondisi tersebut akan mengurangi pembentukan benjolan jerawat dan perubahan warna kulit yang lebih cerah. 

Meskipun penggunaan asam malat tidak terlalu mengiritasi kulit dibandingkan dengan AHA lainnya, Anda tetap harus menggunakannya dengan hati-hati. Asam malat dapat membuat kulit menjadi merah, gatal atau terbakar terutama di sekitar mata. Namun, hal tersebut tidak akan terjadi jika Anda melakukan uji tempel sebelum menggunakannya. 

Hidup Sehat

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*