Cari Tahu Aneka Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan

Banyak sekali ramuan tradisional yang mengandung daun kelor di dalamnya. Ternyata, tak hanya dipercaya secara turun temurun, manfaat daun kelor pun banyak diteliti secara ilmiah.

Menilik manfaat daun kelor

Daun kelor mengandung antioksidan tinggi serta diyakini mampu mengontrol kadar gula darah. Ragam nutrisi yang terdapat di dalam daun moringa atau kelor ini juga membuatnya memiliki banyak manfaat. Mari cari tahu lebih lanjut terkait manfaat daun kelor bagi kesehatan!

1. Menangkal radikal bebas

Di dalam daun kelor, terkandung antioksidan yang cukup tinggi. Oleh karenanya, daun kelor dapat membantu menangkal efek buruk radikal bebas.

Radikal bebas sering kali menimbulkan berbagai gangguan kesehatan, mulai dari diabetes hingga penyakit jantung.

2. Membantu mengatasi kanker

Salah satu manfaat daun kelor yang lain adalah membantu mengatasi kanker. Kemampuan tersebut dimiliki daun kelor karena isotiosianat yang terkandung di dalamnya. Dalam penelitian yang dilakukan oleh Cancer Chemoprevention Research Center, Farmasi UGM, disebutkan bahwa isotiosianat merupakan agen kemopreventif.

Berdasarkan penelitian in vitro, efektivitas daun kelor sebagai antikanker terbukti dari kemampuan isotiosianat memicu apoptosis pada sel kanker ovarium. Selain itu, diketahui isotiosianat mampu menghambat pertumbuhan sel kanker pankreas. Namun, hal tersebut masih dalam penelitian in vitro, sehingga perlu penelitian tahap berikutnya pada hewan uji.

3. Menurunkan kolesterol

Inilah manfaat daun kelor yang telah cukup banyak diketahui orang, yaitu membantu menurunkan kolesterol. Kemampuan daun kelor menurunkan kolesterol disebut-sebut hampir menyerupai almon dan oat.

Karena kemampuannya menurunkan kolesterol, ekstrak daun kelor juga disebut mampu membantu mengatasi dislipidemia. Suatu gangguan atau penyakit jantung yang disebabkan oleh naiknya kadar kolesterol atau trigliserida di dalam tubuh.

4. Membantu mengatasi infeksi bakteri

Di dalam daun kelor, diyakini terkandung zat antimikroba. Oleh sebab itu, daun kelor dipercaya dapat digunakan untuk mengatasi infeksi bakteri. Terutama, infeksi yang disebabkan oleh bakteri gram negatif.

5. Suplemen bagi anak malnutrisi

Ini merupakan manfaat daun kelor yang relatif jarang diketahui, dapat membantu meningkatkan berat badan anak-anak yang mengalami malnutrisi. Untuk memperoleh manfaat daun kelor yang satu ini, perlu mengonsumsi bubuk daun kelor secara teratur, selama dua bulan.

Meski demikian, sebaiknya Anda tidak langsung memberikan olahan daun kelor pada anak. Tetap perlu berdiskusi terlebih dahulu dengan dokter, untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan.

6. Melindungi tubuh dari keracunan arsen

Dari sebuah penelitian yang melibatkan hewan uji, diketahui bahwa daun kelor dapat melindungi tubuh dari racun arsenik. Racun tersebut dapat masuk ke dalam tubuh melalui makanan dan air.

Waspada efek samping daun kelor

Tidak terlalu banyak penelitian yang mendalami terkait efek samping daun kelor. Namun, para ahli mengkhawatirkan, penggunaan daun kelor dalam jangka waktu yang panjang dapat memicu mual, muntah, serta heartburn.

Daun kelor memang telah diketahui bermanfaat bagi kesehatan, namun disarankan Anda tidak mencoba bagian tumbuhan yang lainnya, sebab belum diketahui khasiat dan kegunaannya. Mencoba mengonsumsi akar pohon kelor misalnya. Hal tersebut sebaiknya dihindari, akar pohon kelor disebut-sebut mengandung bahan beracun.

Di samping itu, meski manfaat daun kelor cukup banyak, Anda tetap perlu waspada tentang reaksi alergi yang mungkin timbul. Apabila Anda mengonsumsi daun kelor dan merasakan reaksi yang tidak normal, seperti muncul ruam, gatal, atau kesulitan bernapas, segeralah meminta bantuan medis.

Hidup Sehat
Tags: 

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*