Cara Membuat Masker Penghilang Flek Wajah

Disebut juga dengan ephelis merupakan bintik-bintik kecil pada kulit yang berwarna lebih gelap ketimbang kulit area sekelilingnya, kondisi ini dikenal dengan sebutan flek hitam.  Flek hitam tak hanya muncul di wajah, tetapi juga bisa mncul di lengan, dada dan leher. Salah satu cara untuk mengatasi, biasanya orang menggunakan masker penghilang flek hitam.

flek hitam

Munculnya flek hitam adalah kondisi yang wajar dan bisa terjadi terhadap seseorang di segala usia, khususnya jika memasuki musim panas dan seseorang memiliki kulit putih. Penyebab munculnya kondisi adalah peningkatan produksi pigmen alami kulit atau juga dikenal dengan nama melanin, flek hitam juga disebut freckles.

Masker Penghilang Flek Hitam

Munculnya flek hitam di wajah tentu mengganggu penampilan, untuk mengatasinya bisa digunakan masker salah satunya memakai bahan alami yang mudah didapat. Meski demikian, perlu diketahui jika masker yang digunakan untuk meghilangkan flek hitam ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut guna memastikan efektivitasnya.

Untuk mendapatkan hasil yang efektif, seseorang perlu melakukan konsultasi dengan doker spesialis kulit. Hal ini harus dilakukan terlebih dahulu untuk mengetahui apakah seseorang cocok menggunakan masker berbahan alami atau tidak. Krim retinoid menjadi salah satu bahan masker yang sangat disarankan digunakan.

Obat ini berfungsi mencerahkan sekaligus mengatasi flek hitam, bisa mencerahkan kulit tanpa mengurangi tampilan flek hitam dengan aman dan efektif. Hasil pengobatan dengan retinoid topikal umumnya dapat dilihat setelah penggunaan rutin selama beberapa bulan, obat ini juga bisa didapat dengan menggunakan resep dokter.

Bahan Alami Masker

  1. Teh Hijau

Bahan ini memiliki kandungan antioksidan dan antiradang yang membantu mencegah tanda-tanda penuaan, seperti kerutan dan flek hitam di wajah. Ditambah ekstrak teh hijau mampu melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet B (UVB), ini juga mencegah adanya kemuncula flek hitam, cara memakai teh hijau sebagai masker wajah juga terbilang mudah.

Cukup meletakkan kapas pada teh hijau, kemudian letakkan pada area wajah yang terdapat flek hitam, lakukan selama 15 menit. Bahan masker juga bisa ditambah dengan buah pisang atau juga bisa kiwi yang sudah dihaluskan terlebih dahulu.

  1. Lemon

Lemon diketahui mengandung asam sitrat yang berfungsi untuk membantu mencerahkan flek hitam di wajah. Gunakan sebanyak setengah buah lemon dicampur dengan satu sendok makan madu. Setelah itu, oleskan ke seluruh wajah tetapi hindari area mata dan mulut. Lakukan selama 15 hingga 30 menit atau hingga masker mengering.

  1. Bawang Putih dan Bombay

Manfaat bawang putih untuk meningkatkan sirkulasi darah, sementara bawang bombay dapat menghilangkan bekas jaringan parut di wajah. Apabila kedua bahan alami ini dikombinasikan diklaim sebagai masker yang ampuh hingga mampu menghilangkan flek hitam di wajah. Cukup haluskan satu iris bawang lalu tempelkan pada wajah selama 15 menit.

  1. Lidah Buaya

Memiliki kandungan aloesin, zat yang dapat menghambat produksi melanin berlebih, inilah yang membuat lidah buaya ampuh digunakan sebagai masker wajah penghilang flek. Cukup oleskan lidah buaya pada permukaan wajah, lalu diamkan selama 15 menit. Pijat area wajah selama dua hingga tiga menit, setelah itu bilas hingga bersih.

  1. Kentang

Cara menghilangkan flek hitam selanjutnya adalah menggunakan kentang, bahan ini mengandung zat alami yang fungsinya mencerahkan kulit. Salah satunya menghilangkan flek hitam, cukup gunakan satu buah kentang, satu sendok teh air lemon dan susu bubuk. Campurkan ketiga bahan, setelah itu gunakan sebagai masker.

Hidup Sehat

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*