Bisakah Seseorang Meningkatkan Kadar Cairan Synovial?

Ada begitu banyak “komponen” di dalam tubuh manusia, baik itu yang tampak dan berbentuk jelas, hingga yang tak tampak dan mungkin tak pernah kita ketahui bentuknya. Selain, misalnya, enzim atau senyawa-senyawa lain, ada pula yang mungkin tak pernah kita ketahui sebelumnya seperti cairan synovial.

Sebagian besar dari kita mungkin tidak pernah mengetahui apa itu cairan synovial. Kita dapat mengenali cairan synovial dengan mudah jika istilahnya diganti dengan “pelumas” sendi. Ya, cairan sinovial adalah cairan yang bertugas melubrikasi sekaligus berperan sebagai bantalan sendi.  

Jika keberadaan cairan ini berkurang atau malah hilang sama sekali, beberapa gangguan kesehatan yang berkaitan dengan sendi dan tulang akan datang menyerang yang bersangkutan. Masalahnya, cairan synovial di dalam tubuh manusia ini akan berkurang secara alamiah atau dengan sendirinya seiring bertambahnya usia seseorang.

Namun, jangan khawatir, kita tetap dapat melakukan upaya terbaik. Dengan beberapa langkah, seorang manusia tetap dapat menjaga stabilitas atau keseimbangan kadar dan jumlah cairan synovial di dalam dirinya.

Berikut ini beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk meningkatkan, atau setidaknya menjaga kadar dan jumlah cairan synovial:

  1. Memperbaiki Pola Makan

Metode atau cara ini memang selalu keluar ketika kita berbicara mengenai upaya menjaga tubuh tetap sehat, termasuk menjaga cairan synovial. Pengaruh makanan memang amat besar bagi kondisi tubuh seseorang. Jika makanan yang dikonsumsi baik, baik pula kondisi tubuhnya. Begitu juga sebaliknya.

Di kelompok cara ini, seseorang bisa menjaga kadar cairan synovial di dalam tubuhnya dengan beberapa aturan, antara lain:

  • Pastikan Tubuh Selalu Terhidrasi

Selain memiliki peran yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh, air juga mampu menghidrasi tubuh dan melubrikasi sendi. Porsi air yang direkomendasikan sangatlah bergantung pada usia, jenis kelamin, dan faktor personal lain.

  • Perbanyak Konsumsi Ikan dan Lemak Sehat

Ikan berlemak tinggi seperti salmon atau trout adalah sumber nutrisi yang baik bagi kesehatan sendi. Oleh karena itu, cobalah menyantap 2-3 porsi jenis ikan tersebut setiap minggu. Selain itu alpukat, kacang tanah, minyak zaitun, dan sumber lemak tak jenuh lain juga ampuh menjaga jumlah cairan synovial untuk melubrikasi sendi Anda.

  • Jaga Asupan Buah dan Sayur

Buah dan sayur mengandung vitamin, mineral, cairan bergizi, dan zat antipembengkakan yang dibutuhkan oleh tubuh. Sayuran berdaun hijau, brokoli, buah berry, dan anggur merah pun sangat kaya antioksidan. Sementara itu, keluarga jeruk dan paprika sangat kaya akan vitamin C yang mampu mengurangi risiko erosi tulang rawan.

  • Kurangi Makanan dengan Kadar Gula dan Garam yang Tinggi

Meski tubuh membutuhkan garam dan gula, mengonsumsi terlalu banyak garam sejatinya berdampak sangat buruk bagi kesehatan. Oleh karena itu, batasi konsumsi gula dan garam untuk mengurangi berat badan dan menjaga kesehatan sendi Anda.

  • Bantuan Suplemen

Ada banyak manfaat suplemen selain melengkapi kebutuhan nutrisi yang tidak atau kurang didapatkan dari konsumsi makanan harian. Anda juga mungkin bisa menjaga cairan synovial dengan bantuan suplemen.

  • Konsumsi Multivitamin Harian

Mengonsumsi multivitamin adalah salah satu cara untuk memastikan tubuh mendapatkan nutrisi yang diperlukan demi memproduksi cairan synovial. Selenium, seng, mangan, serta vitamin A, C, dan E adalah beberapa sumber nutrisi penting yang diperlukan untuk menjaga kesehatan sendi.

  • Pertimbangkan Glukosamina dan Chondroitin

Beberapa penelitian membuktikan bahwa glukosamina dan chondroitin dapat meredakan nyeri sendi, mencegah erosi tulang rawan, meningkatkan produksi cairan synovial, dan meregenerasi struktur sendi.

  • Kapsul Asam Hialuronat

Asam hialuronat mampu meningkatkan kemampuan cairan synovial untuk melubrikasi dan menyerap getaran atau goncangan pada sendi. Bagi penderita radang sendi, umumnya dokter akan langsung menyuntikkan asam hialuronat ke dalam sendi. Namun sejatinya, Anda pun bisa mengonsumsinya dalam bentuk kapsul.

  • Minyak Ikan atau Suplemen Omega 3

Asam lemak omega 3 memproduksi zat yang mampu memperbaiki kesehatan tulang rawan dan kondisi cairan sendi. Cobalah mengonsumsi suplemen atau memenuhi kebutuhan omega 3 tubuh dengan menyantap ikan berlemak, kacang walnut, dan produk biji flaks

  • Jangan Lupa Konsultasi dengan Dokter

Meski efektivitas suplemen masih diperdebatkan, banyak orang yang mengalami gangguan sendi mengaku merasakan dampak positif setelah mengonsumsinya. Oleh karena itu, tetaplah mengonsultasikan kemungkinan mengonsumsi suplemen diet kepada dokter dan meminta rekomendasi suplemen yang tepat.

***

Tak ada salahnya mencoba dua langkah di atas untuk menjaga atau menambah jumlah cairan synovial Anda. Dua cara di atas digadang-gadang sebagai upaya yang baik untuk mencegah peradangan sendi atau masalah persendian lain.

Hidup Sehat

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*