Apa Itu Prosedur Otoplastik?

Otoplastik merupakan jenis tindakan bedah kosmetik yang dilakukan pada telinga. Selama proses otoplastik, dokter bedah plastik dapat menyesuaikan ukuran, posisi, dan bentuk telinga. Beberapa orang memiliih melakukan otoplastik untuk memperbaiki kelainan struktural. Beberapa yang lain melakukannya karena merasa tidak puas dengan bentuk, ukuran, dan letak telinga. Otoplastik dilakukan pada bagian luar telinga yang terlihat, yang disebut dengan istilah daun telinga. Daun telinga terdiri dari lipatan tulang rawan yang ditutupi oleh kulit. Daun telinga mulai berkembang sejak Anda dalam kandungan dan terus bertahun-tahun setelah Anda lahir.

Apabila daun telinga Anda tidak berkembang dengan benar, Anda bisa memilih untuk mendapatkan otoplastik untuk memperbaiki ukuran, tata letak, dan bentuk telinga. Ada tiga jenis ototplastik yang umum dilakukan, yaitu:

  • Pembesaran telinga. Beberapa orang mungkin terlahir dengan telinga yang kecil atau memiliki telinga yang belum berkembang sepenuhnya. Dalam kasus ini, mereka mungkin ingin mendapatkan otoplastik untuk meningkatkan ukuran bagian luar telinga.
  • Penjepitan telinga. Tipe otoplastik ini dilakukan untuk menarik telinga agar lebih dekat ke kepala. Otoplastik ini dilakukan pada orang-orang yang memiliki daun telinga terlalu menonjol keluar.
  • Pengurangan telinga. Macrotia adalah kondisi di mana telinga memiliki ukuran lebih besar dibandingkan dengan telinga lain yang normal. Dalam kasus ini, orang-orang dengan kondisi macrotia bisa mendapatkan otoplastik untuk mengurangi ukuran daun telinga mereka.

Siapa saja yang bisa mendapatkan otoplastik?

Tindakan medis otoplastik biasanya dilakukan untuk orang-orang dengan kondisi telinga menonjol keluar, berukuran terlalu besar atau terlalu kecil dibandingkan dengan telinga berukuran normal, dan memiliki bentuk yang  abnormal akibat cidera, trauma, atau gangguan struktural sejak lahir. Selain karena alasan tersebut, orang-orang juga bisa mendapatkan otoplastik karena kurang cocok dengan prosedur otoplastik sebelumnya yang sudah didapatkan. Kandidat yang cocok untuk mendapatkan tindakan medis ini adalah mereka yang berusia 5 tahun ke atas (dalam kasus ini daun telinga sudah mencapai 90 persen dari ukuran dewasa), memiliki kesehatan tubuh yang baik (memiliki kondisi gangguan kesehatan tertentu dapat meningkatkan risiko komplikasi pada proses pemulihan), dan tidak merokok karena merokok dapat menurunkan aliran darah pada telinga sehingga memperlambat proses pemulihan.

Bagaimana prosedur otoplastik dilakukan?

Otoplastik biasanya merupakan sebuah prosedur rawat jalan. Tindakan medis ini tidak akan memakan banyak waktu, biasanya hanya membutuhkan sekitar 1 hingga 3 jam, tergantung seberapa spesifik dan kompleks prosedur tersebut. Orang dewasa dan anak-anak cukup usia dapat menerima anestesi lokal dan obat penenang saat prosedur berlangsung. Dalam beberapa kasus tertentu, anestesi umum juga dapat diberikan, terutama sangat direkomendasikan untuk anak-anak usia dini yang perlu mendapatkan otoplastik.

Teknik bedah spesifik yang dilakukan tergantung pada tipe otoplastik yang Anda akan dapatkan. Secara umum, prosedur otoplastik terdiri dari pembuatan sayatan di bagian belakang telinga atau di bagian dalam lipatan telinga Anda. Selanjutnya, manipulasi jaringan telinga (seperti mengambil tulang rawan atau kulit, melipat dan membentuk tulang rawan dengan jahitan permanen, serta mencangkuk tulang rawan) dilakukan. Selanjutnya, sayatan dijahit.

Otoplastik adalah tindakan bedah kosmetik pada bagian telinga. Prosedur ini dilakukan untuk menyesuaikan ukuran, bentuk, dan letak telinga Anda. Apabila Anda tertarik untuk mendapatkan otoplastik, pilihan ahli bedah plastik yang sudah berpengalaman dan bersertifikat di kota Anda untuk meminimalisir terjadinya risiko komplikasi kesehatan di kemudian hari.

Operasi

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*