8 Cara Menghilangkan Ketombe dengan Jeruk Nipis yang Bisa Dicoba

Ketombe memang sangat mengganggu sehingga banyak orang yang ingin membasminya. Cara menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis disebut-sebut ampuh. Selain karena alami, cara ini juga lebih aman dan mudah dilakukan.

Ada beberapa cara menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis yang mungkin bisa Anda coba di rumah. Selain menggunakan jeruk nipis secara langsung, Anda juga bisa mencampurnya dengan bahan lain.

Beberapa Cara Menghilangkan Ketombe dengan Jeruk Nipis

Memanfaatkan jeruk nipis untuk menghilangkan ketombe bisa dilakukan dengan beberapa cara. Selain secara langsung, bisa juga dilakukan dengan mencampurnya dengan bahan lain. Berikut caranya:

  1. Menggunakan jeruk Nipis Secara Langsung

Anda bisa menggunakan jeruk nipis secara langsung untuk membasmi ketombe yang membandel. Caranya mudah, cukup dengan memeras jeruk nipis lalu air perasan tersebut dioleskan di kulit kepala. Tunggu beberapa menit lalu bilas hingga bersih. Lanjutkan dengan keramas menggunakan shampo yang mengandung antiketombe.

Perlu digarisbawahi bahwa perasan air jeruk nipis bukan pengganti shampo, namun hanya sebagai perawatan sebelum keramas saja. Lakukan langkah ini secara rutin selama beeberapa minggu hingga ketombe di kepala hilang.

  • Jeruk Nipis dan Lidah Buaya

Lidah buaya juga dikenal mengandung kebaikan untuk kecantikan dan kesehatan. Ternyata kombinasi keruk nipis dan lidah buaya juga dapat menghilangkan ketombe secara alami.

Caranya mudah, siapkan gel lidah buaya langsung dari batangnya kemudian haluskan. Campurkan dengan perasan air jeruk nipis. Aduk rata dan oleskan pada rambut dengan dipijat lembut. Kemudian diambkan selama lebih kurang 25 menit dan bilas. Lanjutkan dengan keramas seperti biasa.

  • Campuran Jeruk Nipis dan Yoghurt

Yoghurt mengandung lactic acid yang baik untuk mengeksfoliasi sel kulit mati di kepala. Sedangkan kandungan citric acid dalam jeruk nipis bisa menyeimbangkan pH kulit kepala dan mengurangi ketombe.

Campurkan air perasan setengah jeruk nipis dengan 2-3 sendok. makan yoghurt, aduk rata. Kemudian balurkan ke rambut hingga rata. Tunggu selama lebih kurang 30 menit, lalu dilanjutkan dengan keramas seperti biasa.

  • Jeruk Nipis dan Madu

Madu dikenal sebagai bahan alami yang baik untuk kesehatan, termasuk kesehatan rambut. Cara membuat campuran jeruk nipis dan madu adalah dengan mencampurkan 2 sendok makan air jeruk nipis dengan 2 sendok makan madu. Oleskan campuran jeruk nipis dan madu tersebut pada rambut dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu bersihkan dan lanjut dengan keramas seperti biasa.

  • Jeruk Nipis dengan Minyak Essential

Cara membuat campuran ini mudah saja. Siapkan essential oil seperti almond oil, coconut oil, maupun olive oil. Kemudian campurkan 3-4 sendok essential oil dengan 2 sendok makan air jeruk lemon. Kemudian oleskan ke rambut dan bungkus dengan handuk. Diamkan sekitar 1 jam dan keramas hingga bersih.

  • Jeruk Nipis dengan Garam

Ternyata garam juga bisa dijadikan campuran untuk mengatasi ketombe di rambut. Cara membuatnya mudah saja, campurkan perasan air jeruk nipis dengan 1 sendok teh garam. Oleskan ke rambut dan tunggu selama 20-25 menit, lalu dibilas bersih.

  • Jeruk Nipis dan Telur

Selain menjadi masker wajah, telur juga bisa dijadikan masker rambut. Cara membuat campuran ini mudah saja, yaitu dengan mencampurkan telur dengan air jeruk nipis. Kemudian oleskan di kulit kepala hingga kering selama 30 menit. Setelah itu, cuci rambut dengan shampo.

  • Jeruk Nipis dan Teh

Selain itu, campuran jeruk nipis dengan teh juga bisa menghilangkan ketombe. Caranya, siapkan 2 sendok teh bubuk, seduh dengan air panas. Saring seduhan lalu tahkan 1 sendok teh perasan jeruk nipis. Lalu aplikasikan di kepala saat suhunya sudah tidak panas lagi. Diamkan selama 20 menit dan bilas hingga bersih.

Itulah 8 cara menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis yang dicampur dengan bahan lainnya. Cobalah dan lakukan rutin hingga ketombe di kepala bisa hilang sama sekali.

Kulit dan Kecantikan
Tags: 

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*