6 Obat Kurang Darah Alami dan Medis yang Harus Anda Tahu

Ternyata, 3 dari 10 penduduk Indonesia mengalami kurang darah. Kurang darah alias anemia adalah kondisi di mana tubuh kekurangan sel darah merah atau hemoglobin. Untuk mengatasi masalah kesehatan ini, ada beberapa pilihan obat kurang darah yang bisa dicoba.

Penyakit anemia biasanya terjadi disebabkan oleh beberapa hal, seperti produksi sel darah merah yang berkurang,  terjadinya perdarahan masif maupun berkepanjangan, ataupun karena adanya penyakit tertentu sehingga sel darah merah jadi cepat rusak.

Obat kurang darah pun sebenarnya ada bermacam-macam. Ada obat sesuai resep dokter, ada juga obat alami. 

Obat Kurang Darah secara Medis dan Alami yang Perlu Anda Tahu

Menggunakan obat kurang darah dari dokter atau secara medis ini harus sesuai dengan penyebabnya. Berikut beberapa pilihan obatnya:

  1. Anemia disebabkan kekurangan vitamin B12, B9, dan C

Kekurangn vitamin B12, B9, dan vitamin C ini bisa menyebabkan kekurangan darah. Anemia karena kekurangan vitamin ini dapat diobati dengan mengkonsumsi suplemen makanan yang mengandung vitamin B12, B9, dan vitamin C untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Jika mengalami masalah pada sistem pencernaan dalam menyerap vitamin tersebut, sebaiknya dengan melakukan suntik vitamin B12.

  • Anemia Akibat Defisiensi Besi

Obat kurang darah akibat defisiensi besi bisa dengan menggunakan suplemen zat besi yang bisa diperoleh tanpa resep dokter. Selain itu, bisa juga dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi yang tinggi.

  • Anemia Jenis Lain yang Jarang Terjadi

Selain 2 jenis penyebab anemia sebelumnya, ada juga kurang darah yang jarang terjadi. Anemia tersebut meliputi:

  • Anemia aplastik akibat sumsum tulang belakang tidak berhasil memproduksi sel darah merah dalam jumlah yang cukup
  • Anemia karena penyakit kronis
  • Anemia sel sabit yang diakibatkan oleh adanya kelainan bentuk sel darah merah karena kelainan genetik
  • Anemia hemolitik karena hancurnya sel darah merah lebih cepat dibanding proses pembentukannya
  • Anemia karena thalasemia yang merupakan penyakit bawaan. Kondisi ini terjadi karena tubuh hanya menghasilkan sedikit sel darah merah dan hemoglobin

Biasanya, anemia ini akan butuh penanganan yang lebih spesifik dan berbeda. Bisa dengan suplemen, suntik hormon, obat-obatan, transplantasi sumsum tulang dan sel induk, transfusi darah, kemoterapi, hingga mungkin saja pengangkatan limpa jika diperlukan.

  • Minum Jus Bit dan Delima

Ini merupakan obat kurang darah yang alami. Diketahui bahwa buah bit dan juga dellima dapat berfungsi membersihkan dan pembentukan darah. Buah bit mengandung tinggi asam folat, sedangkan buah delima kaya akan zat besi dan mineral lain. Semua kandungan pada kedua buah ini bermanfaat bagi tubuh untuk mengangkut zat besi.

  • Menambah Asupan Makanan Kaya Zat Besi

Pada makanan terdapat dua jenis zat besi, yaitu heme dari hewani dan zat besi nonheme yang asalnya dari tumbuhan. Kedua jenis zat besi ini diserap oleh tubuh, meskipun jenis heme lebih mudah diserap.

Makanan yang mengandung kaya akan zat besi adalah daging merah, daging unggas, hati sapi, ginjal sapi, lidah sapi, sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan dan biji-bijian, makanan laut, hingga makanan yang diperkaya zat besi. Semuanya baik untuk dikonsumsi sebagai obat kurang darah.

  • Menambah Asupan Makanan Kaya Vitamin C

Vitamin C dalam tubuh membantu proses penyerapan zat besi dan memperkuat imun tubuh. Sehingga makanan yang mengandung vitamin C dapat dijadikan sebagai obat kurang darah alami. Makanan yang mengandung vitamin C adalah buah-buahan sitrus, stroberi, tomat, kiwi, dan blewah. Ada juga jenis sayuran seperti brokoli, kubis, hingga paprika merah manis.

Penyakit

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*